Pendaftaran Wisuda Periode I Tahun 2016 telah dibuka berikut Prosedur Operasi Standar (POS) Pendaftaran Wisuda Online Universitas Mulawarman

 

PROSEDUR OPERASI STANDAR (POS)

PENDAFTARAN WISUDA ONLINE  UNIVERSITAS MULAWARMAN

BULAN  MARET 2016

 (Akses  Informasi di  http://wisuda.unmul.ac.id)

==========================================================

Wisuda adalah  upacara  pengukuhan lulusan  dan penyerahan  ijazah  yang dilaksanakan  oleh  Rektor,   Dekan  Fakultas, Ketua UP. Fakultas  dan Direktur  Program  Pascasarjana Universitas Mulawarman.

Pelaksanaan wisuda  Universitas  Mulawarman   diselenggarakan  sebanyak  empat  kali  dalam  setahun,  serta   bilamana  perlu  dilaksanakan  wisuda  tambahan  yang waktunya  akan  ditentukan  kemudian  oleh  Rektor  Universitas  Mulawarman.

Pelaksanaan dan  pendaftaran wisuda   diselenggarakan  oleh  Bagian  Pendidikan  Biro  Akademik   dan   Kemahasiswaan  Universitas Mulawarman,  berkoordinasi  dengan  Fakultas/UP.Fakultas/Program Pascasarjana,   Biro Umum dan  Keuangan  dan lembaga  perbankan  yang  ditunjuk  oleh  Universitas  Mulawarman  sebagai   penerima  setoran   biaya  wisuda.

Pelaksanaan  pendaftaran  Wisuda  dilakukan  secara online,  dengan alur   sebagai   berikut  :

  1. Membayar   biaya  pendaftaran    sesuai   nominal  yang  ditentukan  oleh Universitas  Mulawarman  pada  Bank   yang   sudah  bekerjasama dengan Universitas  Mulawarman antara  lain :  Bank  BNI,  Bank Mandiri,  Bank BTN, Bank  Muamalat  dan  Bankaltim,  melalui :   teller,  ATM, Internet   Banking   atau   Mobile  Banking;
  1. Calon  Wisudawan  membuat   pernyataan  bersedia  dan sanggup  membayar   biaya  wisuda   yang  telah  ditetapkan   dan  mentaati tata   tertib  selama   prosesi  wisuda  berlangsung  (terdapat  pada  tanda  bukti  telah  mendaftar  wisuda  secara online);
  1. Login pada  sistim online  menggunakan  NIM  dan Password yang sama dengan  password  pada  portal  akademik  untuk   mendaftar  pada  portal  wisuda   http://wisuda.unmul.ac.id;
  1. Mengisi  biodata   dan  meng-uploud  file  pas  foto  hitam  putih   (memakai  jas  dan dasi),  secara  online  pada  portal  wisuda  http://wisuda.unmul.ac.id dimana  saja  (counter internet/warnet)   atau   memanfaatkan fasilitas  internet  di fakultas  masing-masing;
  1. Bagi calon  wisudawan  yang  kesulitan   mengakses  ke sistem  online  dapat   minta  bantuan  petugas  helpdesk  di  Gedung  Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan  Statistik  BAK  Rektorat   Unmul   atau   menghubungi   kontak   person   panitia  Bagian Pendidikan   BAK   Universitas   Mulawarman   :

– Hidayatul Muttaqien, S.Kom.                HP.  08125574413

– M. Syahrian Noor, SP.                          HP.  085246911784

– Agus Tri  Haryono, S.Kom.                   HP.  085247559718

– Dwi Rahmawati, S,Kom                        HP.  081347203868

– Aulia Rahman                                        HP.  081349763746

– Wisnu Ari Setyadi                                  HP.  085752157888

– Fenti Ria Benazir, S.Kom.                    HP.  085250701809

– Cristiono Fajari                                       HP.  085246761278

  1. Mencetak  tanda  bukti  telah mendaftar wisuda  secara  online pada  Portal  Wisuda  http://wisuda.unmul.ac.id;
  1. Menyerahkan  print  out   tanda   bukti   telah  mendaftar  wisuda  online, kepada   Panitia   Wisuda  di  Gedung  Belakang  Ruang  Sub  Bagian  Registrasi   dan   Statistik     BAK    Rektorat    Unmul,     tanggal  15  Februari s/d  4 Maret 2016,  mulai   pukul  08.00  wita  s/d 16.00  wita,  dengan  melampirkan   dokumen-dokumen  sebagai  berikut:

a. Bukti  pembayaran  pendaftaran  wisuda  dari  Bank; 

b. Foto copy  Surat  Keterangan  Kelulusan (format online yang sudah diverifikasi oleh operator SIA fakultas yang berwenang) yang  telah dilegalisasi  oleh  Pejabat  yang   berwenang   sebanyak  2  lembar   (1 lembar  untuk  mendaftar  wisuda  dan 1 lembar  untuk  formulir  penulisan  ijazah );

c. Sertifikat  TOEFL  atau  Surat   Keterangan  pernah   mengikuti   Test  TOEFL   dari   Balai   Bahasa   Universitas    Mulawarman (format online yang sudah diverifikasi oleh operator SIA UPT. Balai Bahasa Unmul yang berwenang, dan bisa di print out pada portal  http://balai-bahasa.unmul.ac.id dengan menggunakan password portal akademik dan nomor registrasi pendaftaran mengikuti TOEFL dari Balai Bahasa Unmul);

d. Surat  Keterangan  Penyerahan  Karya  Tulis  (Asli)  dari   UPT. Perpustakaan Universitas  Mulawarman

  1. Calon  wisudawan  yang   sudah menyerahkan  print  out  tanda  bukti  pendaftaran  wisuda  online  beserta   dokumen   kelengkapannya  seperti   pada  point  7  ayat  a,  b,  c,  dan d,  akan   memperoleh    tanda  bukti  pendaftaran  wisuda  dari   petugas  setelah  semua dokumen tersebut diverifikasi;
  1. Calon  wisudawan  yang   sudah  mendaftar  wisuda  akan  tetapi  tidak   menyerahkan    print   out  tanda  bukti  pendaftaran  wisuda  online,  beserta    dokumen    kelengkapannya   seperti   pada  point  7  ayat  a,  b,  c,  dan  d,   sesuai   batas   waktu   yang  telah ditentukan,  panitia   berhak    membatalkan yang bersangkutan  sebagai   wisudawan  Universitas   Mulawarman   pada   periode   tersebut  serta  tidak  terdaftar  dalam  buku  lulusan;

10. Mengisi formulir  penulisan  Ijazah, yang  sudah  ditandatangani  oleh  Wakil Dekan Bidang Akademik  Fakultas, Wakil Ketua I Up.                      Fakultas/Ketua Program Pascasarjana,  dan  sudah  diberi  cap/stempel,  kemudian  diserahkan   kepada  petugas  di  Gedung Belakang                 Ruang  Sub Bagian Registrasi  dan  Statistik   BAK Rektorat  Unmul,   dengan  kelengkapan  sebagai   berikut   :

             a. Foto copy ijazah terakhir yang telah dilegalisasi Pejabat yang berwenang;

            b. Pas foto hitam  putih  terbaru ukuran 3 x 4 cm, memakai  jas  dan  dasi    sebanyak  5  lembar  (memakai  jilbab dan kaca mata                   membuat  surat pernyataan di atas materai Rp. 3.000,-);

            c. Foto copy  Surat  Keterangan  Kelulusan (format online yang sudah diverifikasi oleh operator SIA fakultas yang                                 berwenang) yang  telah dilegalisasi  oleh  Pejabat  yang   berwenang sebanyak  1  lembar

           d. Sertifikat  TOEFL  atau  Surat   Keterangan  pernah   mengikuti   Test  TOEFL   dari   Balai   Bahasa   Universitas    Mulawarman                          (format online yang sudah diverifikasi oleh operator SIA UPT. Balai Bahasa Unmul yang berwenang, dan  bisa di                  print out pada portal  http://balai-bahasa.unmul.ac.id dengan menggunakan password portal akademik dan                         nomor registrasi pendaftaran mengikuti TOEFL dari Balai Bahasa Unmul;

           e. Pengumpulan berkas ditutup bersamaan dengan berakhirnya pendaftaran wisuda.

 

INFORMASI PENDAFTARAN WISUDA BULAN MARET 2016 

  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 15 Februari  s/d  4 Maret 2016;
  2. Biaya  Pendaftaran  sebesar  Rp. 400.000,- (emapt ratus ribu rupiah);
  3. Jadwal Gladi  Bersih dan Pelaksanaan Wisuda sebagai berikut  :

 

Gladi Bersih Wisuda:

Hari Rabu, tanggal 23 Maret 2016, Pukul  14.00  Wita,   bertempat  di  GOR 27 September Unmul, dengan ketentuan  sbb  : 

  • Wisudawan diharuskan menandatangani daftar  hadir,  antara  pukul  12.30  s/d 14.00  Wita;
  • Pengambilan undangan wisuda;
  • Menempati kursi  sesuai nomor urut  daftar hadir (Nomor urut panggilan yang dipasang pada toga sebelah kiri terdapatdalam  surat  undangan wisuda);
  • Pakaian  Bebas  Pantas.

Pelaksanaan Wisuda:

Hari Sabtu, tanggal 26 Maret 2016, Pukul  08.45  Wita, bertempat di GOR 27 SeptemberUnmul, dengan ketentuan sbb.  

  • Wisudawan diharuskan menandatangani daftar hadirantara pukul  07.30  Wita s/d08.30 Wita, langsung menempati kursi yang telah ditentukan;
  • Tepat Pukul  08.45  Wita  pintu  gedung  tempat  acara  ditutup;
  • Memakai Toga;
  •  Anak-anak   umur dibawah 15 Tahun dilarang masuk gedung acara wisuda.

 

  1. Kepada  wisudawan  yang  belum  memiliki  toga  dan  berminat  untuk membeli, dapat  menghubungi  Direktorat  Bisnis  Center  Gedung UPT. Perpustakaan Pusat Universitas Mulawarman,  dengan  harga  :

4.1.   untuk   S1  dan  Diploma  sebesar         Rp.    130.000,-

4.2.   untuk   S2                                sebesar         Rp.    220.000,-

4.3.   untuk   S3                                sebesar         Rp.    240.000,-

 

Kepada Dekan Fakultas/Ketua UP. Fakultas/Direktur Program Pascasarjana/Ketua Program Studi di lingkungan  Universitas  Mulawarman dimohon  untuk  tidak  mengusulkan  peserta wisuda  diluar waktu yang telah ditentukan.

Demikian Prosedur Operasi Standar (POS) ini dibuat untuk dapat diinformasikan  kepada  pihak  terkait  dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Samarinda, 12 Feberuari 2016

a.n Rektor

Wakil Rektor Bidang Akademik

Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono

NIP. 19590219 198303 1 003